Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

Sobat ENM! Mengkonsumsi makanan tertentu bisa menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Apalagi di saat Pandemi COVID-19 ini dan juga di saat terkena flu, kamu harus mengunjungi warung atau toko untuk membeli beberapa bahan makanan. Tentunya bahan makanan yang dapat menjagadan meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh Sobat. Apa aja sih makanan itu?

Buah JerukPenguat Imunitas

Kebanyakan orang beralih ke vitamin C setelah flu. Hal itu karena untujk membantu membangun sistem kekebalan tubuh kamu. Vitamin C telah teruji meningkatkan produksi sel darah putih. Ini adalah kunci untuk memerangi infeksi dan inflamasi.

Tahukah Sobat ENM bahwa Buah Jeruk banyak sekali jenisnya?

Buah jeruk yang populer meliputi:

Jeruk Bali

Jeruk Keprok

Jeruk Lemon

Jeruk Nipis

Clementine

Nah, Karena tubuh kamu tidak memproduksi atau menyimpannya, sobat memerlukan vitamin C harian untuk menjaga kesehatan yang berkelanjutan. Hampir semua jenis buah jeruk kaya akan vitamin C. Atau juga memvariasikan dengan menambahan buah jeruk ini ke berbagai minuman dan makanan.

Paprika MerahPaprika Peningkat Imunitas

Jika kamu berpikir buah jeruk memiliki vitamin C paling banyak dari buah atau sayuran, pikirkan lagi. Dalam per satu ons, paprika merah mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dari buah jeruk, loh. Paprika merah juga sebagai sumber yang kaya akan beta karoten. Selain meningkatkan sistem imunitas kamu, vitamin C juga membantu menjaga kesehatan kulit, loh. Beta karoten membantu menjaga kesehatan mata dan kulit kamu dari radikal bebas, sobat.

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran super yang kaya dengan vitamin dan mineral. Mengandung vitamin A, C, dan E, serta banyak antioksidan dan serat lainnya, brokoli adalah salah satu sayuran tersehat yang bisa sobat taruh di meja untuk setiap saat.

Bawang PutihBawang Putih Imunitas

Bawang putih ditemukan di hampir setiap masakan di dunia, sebagai bumbu masak. Peradaban awal mengakui nilainya dalam memerangi infeksi sebagai anti inflamasi. Menurut National Center for Complementary dan Integrative, bawang putih juga membantu menurunkan tekanan darah atau hipertensi serta memperlambat pengerasan pembuluh darah. Sifat meningkatkan imunitas atau kekebalan, bawang putih tampaknya berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung sulfur, seperti allicin.

Jahe Ginger Imunitas

Jahe adalah bahan lain yang sering digunakan setelah sakit. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan atau inflamasi, yang membantu meminimalisir sakit tenggorokan dan penyakit radang lainnya. Jahe juga dapat membantu mengurangi mual, loh. Sementara itu, digunakan dalam banyak makanan penutup manis, paket jahe panas dalam bentuk gingerol, sebagai kerabat capsaicin. Jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit kronis dan juga memiliki sifat penurun kolesterol, menurut penelitian uji coba pada hewan terbaru.

Makan dan Minum yang beragam adalah kunci gizi yang tepat. Makan hanya satu dari makanan ini tidak akan cukup untuk membantu melawan flu, bahkan walau kamu memakannya terus-menerus. Perhatikan ukuran porsi dan anjurkan asupan harian sehingga sobat tidak mendapatkan terlalu banyak vitamin tunggal dan terlalu sedikit vitamin lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here