PERUBAHAN & PELESTARIAN LINGKUNGAN

Manusia, binatang dan tumbuh- tumbuhan merupakan makhluk hidup ciptaan Tuhan. Manusia, binatang dan tumbuhan adalah makhluk hidup yang hidup di dalam satu tempat, planet yang sama, yakni Bumi. Manusia, binatang dan tumbuh- tumbuhan hidup saling berdampingan antara satu dengan yang lainnya. Manusia, binatang dan tumbuhan merupakan makhluk yang saling bergantungan antara satu dengan yang lainnya. Manusia dan binatang membutuhkan tumbuhan, manusia dan tumbuhan membutuhkan binatang, begitu pula binatang dan manusia juga sangat membutuhkan manusia. Oleh karena itulah ketiganya  saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya.

Fungsi Lingkungan

Lingkungan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan makhluk hidup. Baik manusia, binatang maupun tumbuh- tumbuhan ketiganya hidup di lingkungan. Lingkungan terdiri atas ligkungan daratan, perairan dan juga lingkungan udara. Lingkunga sangat berperan penting bagi kehidupan makhluk hidup. Setidaknya ada beberapa manfaat atau fungsi lingkungan untuk kehidupan manusia

Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan merupakan satu dari beberapa faktor yang dapat memengaruhi kualitas lingkungan. Pencemaran lingkungan (environmental pollution) adalah masuknya bahan-bahan ke dalam lingkungan yang dapat mengganggu kehidupan makhluk hidup di dalamnya. Zat yang dapat mencemari lingkungan dan dapat mengganggu kelangsungan hidup makhluk hidup disebut dengan polutan. Polutan ini dapat berupa zat kimia, debu, suara, radiasi, atau panas yang masuk ke dalam lingkungan.

Menurut UU RI No.23 tahun 1997, pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya. Zat, energi, dan makhluk hidup yang dimasukkan ke dalam lingkungan hidup biasanya berupa sisa usaha atau kegiatan manusia yang disebut dengan limbah. Sebagian besar pencemaran lingkungan disebabkan oleh adanya limbah yang dibuang ke lingkungan hingga daya dukungnya terlampaui.

Cara Melestarikan Lingkungan Hidup

Bumi, Bola, Tanaman, Eko, Hijau, Alam, Melestarikan

Lingkungan yang kita tempati harus mempunyai peranan yang sangat penting. Oleh karena lingkungan yang kita tempati haruslah bersih, sehat dan lestari demi kenyamanan dan kebaikan bersama- sama. Ada berbagai hal yang dapat dilakukan manusia untuk pelestarian lingkungan hidup. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh manusia tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Menanam pohon di sekitar pemukiman

Upaya melestarikan lingkungan yang dapat dilakukan oleh manusia secara mudah adalah membiasakan diri menanam pepohonan atau memelihara tanaman di sekitar lingkungan tempat tinggal. Cara ini merupakan cara yang mudah dan sederhana untuk menjaga agar lingkungan tetap sejuk dan juga asri. Dengan demikian lingkungan di sekitar rumah bisa lestari. Selain itu, upaya ini juga bisa dilakukan mulai dari diri sendiri. Namun akan lebih baik tentunya apabila masyarakat melakukannya secara bersama- sama.

  1. Membuat terasering atau sengkedan

Upaya yang kedua adalah membuat terasering atau sengkedan. Terasering atau sengkedan ini dibuat pada lahan- lahan persawahan yang letaknya di wilayah lereng atau laha yang bersifat miring. Oleh karena lahan yang miring rawan sekali akan adanya longsor, maka terasering merupakan solusi yang sangat tepat untuk menjaga agar tanah tetap terjaga dan dapat ditanami oleh berbagai macam tumbuhan yang akan memenuhi kebutuhan manusia.

  1. Menggunakan produk daur ulang

Menggunakan produk daur ulang juga akan bisa melestarikan lingkungan. Mengapa? Karena dengan menggunakan produk daur ulang maka secara otomatisa kita akan bisa mnegurangi sampah yang ada di sekitar kita. Manusia memang mustahil apabila dalam keseharian tidak menghasilkan sampah. Kita bisa membayangkan sendiri berapa juta ton sampah yang ajan diproduksi setiap harunya oleh manusa. Dan untuk mengurangi penimbunan sampah yang besar- besaran maka kita dapat memanfaatkannya dengan membuat berbagai macam produk daur ulang.

  1. Melarang keras pembabatan hutan

Pemerintah dan masyarakat harus menyadari betul bahwa keberadaan hutan sangatlah penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Oleh karena itulah harus ada peraturan keras yang melarang mengenai pembabatan hutan, oleh karena pembabatan hutan merupakan perbuatan yang sangat merugikan. Pemerintah bisa menerapkan sansi hukum yang berat bagi para pemusnah hutan.

  1. Menerapkan sistem tebang pilih dan tebang tanam

Upaya yang bisa dilakukan untuk pelestarian lingkungan salah satunya adalah menerapkan sistem tebang pilih dan juga tebang tanam. Hal ini akan sangat berguna untuk menghindarkan hutan dari terjadinya esploitasi yang akan merugikan hutan. apabila hutan rusak maka manusia juga yang pada akhirnya akan menanggung akibatnya.

  1. Membuat kebijakan yang pro akan lingkungan

Kebijakan yang pro lingkungan juga bisa dibuat oleh pemerintah dan dikerjakan bersama- sama oleh masyarakat. Apabila masyarakat secara kolektif melakukan kebijakan yang pro lingkungan maka tujuan untuk memperoleh lingkungan yang asri ini tidak hanya menjadi wacana belaka.

  1. Membuat hukum yang tegas

Sanksi hukum yang tegas bagi para pelaku kejahatan lingkungan juga akan sangat membantu mewujudkan lingkungan hidup yang lestari. Hal ini dikarenakan masyarakat yang berniat jahat kepada lingkungan tidak akan berbuat sesuatu yang lebih jauh lagi mengingat adanya sanksi hukum yang besar. Dengan demikian lingkungan akan lebih aman dan terlindungi.

  1. Reklamasi pantai

Reklamasi pantai merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan, khususnya adalah lingkungan pantai. Karena lingkungan pantai juga merupakan salah satun lingkungan yang penting untuk selalu dijaga dan diolah dengan baik.

  1. Membuat cagar alam dan juga suaka margasatwa

Melindungi tumbuh- tumbuhan dan juga binatang langka merupakan salah satu hal yang sangat penting. Oleh karena itulah pembangunan hutan cagar alam dan suaka margasatwa menjadi hal yang sangat penting pula, demi terciptanya kelestarian lingkungan seperti yang diharapkan bersama.

  1. Rehabilitasi lahan dan pengaturan tata guna lahan

Rehabilitasi lahan dan pengaturan tata guna lahan juga merupakan salah satu upaya melestarikan lingkungan, mengingat lahan juga merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi manusia, binatang dan tumbuhan.

  1. Menjaga daerah- daerah resapan air

Daerah- daerah resapan air perlu dijaga agar lingkungan mempunyai cukup air. Karena air merupakan hal yang sangat penting.

  1. Rotasi tanaman dan pemeliharaan taman kota

Rotasi tanaman dan pemeliharaan taman kota perlu dilakukan agar nantinya lingkungan di sekitar daerah industri atau daerah padat polusi bisa terkurangi oleh karena adanya tanaman- tanaman di sekitar mereka.

Itulah beberapa  hal yang dapat dilakukan oleh manusia untuk pelestarian lingkungan hidup baik yang ada di sekitar manusia maupun lingkungan hutan. upaya- upaya tersebut bisa dimulai dari diri sendiri namun akan lebih baik lagi jika dilakukan secara kolektif.

KUIS: Click here

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here