Sahabat Edu, mengawali hari dengan sarapan sehat bisa bermanfaat bagi siapa saja, loh! Kebiasaan ini sangat penting, terutama bagi penderita diabetes. Bahkan ada bukti yang menunjukkan bahwa sarapan sehat dapat mendukung penurunan berat badan, Sobat. Keren bukan? dan juga ternyata ‘penurunan berat badan’ ini dapat meningkatkan kontrol gula darah dan sensitivitas insulin. Nah, Sobat, Melewatkan sarapan di pagi hari berisiko terkena diabetes dan kebiasaan sarapan yang teratur juga menjadi tren cara pencegahan dari penyakit tidak menular lainnya loh.

Masih yakin, males sarapan?

Konsumsi sayuran tinggi serat, perlu dilakukan oleh penderita diabetes dikarenakan serat yang tinggi bisa mengulur waktu penderita diabetes agar ngga mudah lapar, Sobat. 

Lalu, apa saja makanan yang cocok untuk sarapan, tentunya bagi penderita diabetes? Simak selengkapnya dibawah ini ya!

1. Telur Rebus

Telur

Telur rebus adalah pilihan terbaik saat bepergian, bukan? simpel, Meskipun pengidap diabetes berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, namun penelitian menunjukkan bahwa makan enam atau lebih sedikit telur dalam seminggu tidak berdampak signifikan terhadap kolesterol. Telur juga kaya anti-inflamasi, yakni omega-3 yang baik bagi kesehatan jantung.

 

2. Oatmeal atau Havermut

Oatmeal

Oatmeal tanpa pemanis adalah bahan pokok sarapan yang luar biasa dan tentunya lezat. Tidak hanya cepat dan mudah dibuat, tetapi juga dapat membantu mengurangi resistensi Insulin pada beberapa individu, sehingga glukosa dapat masuk ke sel. Ada tips, nih, tambahkan kacang merah, sesendok yogurt, atau buah beri sebagai topping. Topping ini juga meningkatkan serat dan protein, yang semuanya membantu menstabilkan gula darah, Sobat.

3. Omelet

Omelet

Omelet atau Telur dadar adalah pilihan tepat untuk sarapan, terutama jika Anda makan di restoran. Satu telur besar mengandung setidaknya 6 gram Sumber protein terpercaya. Saat membuat omelet kamu, ganti bacon, sosis, dan keju. Sebagai gantinya, tambahkan alpukat dan sayuran favorit kamu. Sangat cocok nih buat kamu yang takut terkena diabetes.

4. Roti Panggang atau Pancake

Pancake

Jika kamu ingin roti panggang atau pancake saat sarapan, tanyakan apakah itu bisa dibuat dengan roti gandum (jika membeli). Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan pilihan tepung gandum di rumah. Tapi perhatikan juga ukuran dan topping porsi kamu, ya. Tambahkan roti panggang atau pancake kamu dengan satu sendok makan selai kacang atau buah, ya Sobat.

 

Nah, itulah 4 jenis makanan yang dapat kamu gunakan untuk sarapan sehat di pagi hari. Eits, bukan hanya untuk penderita diabetes ya! untuk kamu non diabetes juga bagus, loh. Yuk, kita biasakan sarapan sehat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here