Ingin awet muda selamanya?

 

Kita tidak tahu cara bagaimana menghentikan jam. Tetapi kita dapat membodohi kamera dan cermin dengan berpikir kamu lebih awet muda dari dirimu sendiri bukan?. Yuks simak beberapa tips penting untuk mendapatkan perawatan kulit rutin yang kamu butuhkan.

Cuci dengan pembersih yang lembut!

Pembersihan penting untuk menghilangkan bekas make up atau riasan apa pun yang telah kamu gunakan pada siang hari. Serta minyak kulit alami, polutan, dan bakteri yang menumpuk.

Pembersih dengan pH tinggi dapat membuat kulit kamu rentan terhadap iritasi dan infeksi. Pembersih dengan pH rendah bekerja untuk menjaga keseimbangan kulit agar tetap optimal.

Bahan lain yang perlu untuk dihindari yakni sodium lauryl sulfate, karena sangat keras. Kamu juga tidak perlu membeli pembersih dengan bahan aktif yang mewah. Pembersih tidak berada di kulit kamu untuk waktu yang lama. Bahan-bahan aktif itu jauh lebih berguna pada sptes selanjutnya, seperti saat kamu mengoleskan serum.

Apakah kamu memerlukan toner?

Toner dikembangkan di masa lalu guna mengembalikan pH rendah kulit setelah dicuci dengan pembersih ber pH tinggi. Jika kamu menggunakan pembersih dengan pH rendah, maka toner tidak perlu.

Gunakan exfoliant fisik atau kimia!

Seiring bertambahnya usia, sel kulit kamu melambat. Sel-sel kulit mati sulit digantikan oleh sel-sel segar dengan cepat. Dengan demikian kulit kamu mulai terlihat kusam dan tidak rata, dan bahkan mungkin retak. Pengelupasan kulit adalah cara yang bagus untuk membantu menghilangkan sel-sel mati dari kulit kamu.

Ada dua kategori utama pengelupas, yaitu fisik dan kimia. Yang terbaik adalah menghindari pengelupasan fisik yang keras, seperti scrub gula dan pembersih dengan manik-manik atau partikel. Karena itu membuat kulit kamu lebih rentan terhadap kendur dan kerut. Sebagai gantinya, pilih kain lap atau spons lembut, seperti spons Konjac dengan arang aktif.

Eksfoliasi kimia secara bertahap akan melarutkan ikatan antara sel-sel kulit dan memungkinkan sel untuk lepas. Cocok juga untuk kulit segala usia! Eksfoliasi terbaik untuk kulit yang matang yakni alfa-hidroksi (AHA) seperti asam glikolat dan asam laktat. Kamu juga dapat menemukan asam ini dalam toner, serum, dan kulit di rumah.

Wah, jangan menggosok, pada serum anti-penuaan kamu!

Secara umum, serum mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi daripada pelembab, loh. Bahan anti-penuaan terbaik yang harus diwaspadai adalah turunan vitamin A yang dikenal sebagai retinoidTrusted Source (retinol, tretinoin, dan tazarotene). Serta vitamin C (asam L-askorbat dan magnesium ascorbyl phosphate). Selain meningkatkan kolagen di kulit kamu, juga sebagai antioksidan untuk menyerap stres oksidatif biologis dan kotoran yang menumpuk menyebabkan penuaan dan infeksi.

Melembabkan, pelembabkan, melembabkan!

Seiring bertambahnya usia juga hadir sedikit sebum. Walaupun ini berarti lebih sedikit kemungkinan jerawat, itu juga berarti kulit kamu akan lebih mudah mengering. Salah satu alasan utama untuk garis-garis halus adalah hidrasi kulit yang tidak memadai. Tetapi untungnya mudah diperbaiki dengan menggunakan pelembab yang baik, loh!

Cari pelembab yang mengandung senyawa humektan pengikat air seperti gliserin dan asam hialuronat. Petrolatum oklusif dan minyak mineral di malam hari dapat mencegah air menguap dari kulit kamu. Tapi pastikan kulit kamu bersih untuk menghindari infeksi bakteri!

Selalu oleskan tabir surya!

Perlindungan terhadap sinar matahari adalah salah satu cara pasti untuk menjaga kulit kamu terlihat semuda mungkin. Matahari bertanggung jawab atas begitu banyak tanda penuaan kulit kamu yang terlihat sehingga kerusakan akibat sinar matahari mendapatkan kategori khusus sendiri dalam dermatologi: photoaging.

       Sinar UV matahari berefek penuaan dengan:

Memecah kolagen dan menyebabkan kelainan pada elastin, menyebabkan kulit menjadi lebih tipis-keriput menyebabkan tambalan berpigmen tidak merata untuk berkembang.

Jadi gunakan tabir surya, dan bukan hanya untuk di pantai – tapi gunakan setiap hari. Aplikasi harian tabir surya spektrum luas SPF 30 dapat memudarkan bintik-bintik penuaan, memperbaiki tekstur kulit, dan meratakan kerutan hingga 20 persen hanya dalam waktu tiga bulan, menurut sebuah penelitian baru-baru ini. Para peneliti menyatakan bahwa hal itu dikarenakan tabir surya membuat kulit berhenti dari terpukul terus menerus oleh sinar UV, sehingga kemampuan regeneratifnya yang kuat memiliki peluang untuk bekerja dan awet muda.

Lindungi kulit kamu dari trauma!

Salah satu alasan utama kerutan terjadi adalah karena kerusakan pada kulit, dan karena kulit yang lebih tua lebih rapuh. Trauma dapat memiliki efek yang lebih besar. Meskipun belum ada banyak bukti terkait dampak dari bagaimana kamu menerapkan produk perawatan kulit kamu, beberapa penelitian telah menemukan bahwa menekan wajah kamu pada bantal saat tidur dapat menyebabkan “kerutan tidur” permanen.

So, masuk akal untuk berhati-hati dan menghindari gerakan menggosok dan menarik yang kuat saat mencuci wajah dan menerapkan produk perawatan kulit kamu.

Jaga bagaian tubuh kamu yang lain juga ya!

Selain wajah kamu, area utama yang mengekspos usia kamu adalah leher, dada, dan tangan kamu. Pastikan kamu tidak mengabaikan area itu! Biarkan bagian itu juga tertutup tabir surya, dan tidak ada yang akan tahu usia kamu yang sebenarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here